5 Cara Maksimalkan Kinerja Ponsel Android Tanpa Efek Samping | Republik Android

Aplikasi Penjabaran Tools Tutorial Tweaks TWRP
Assalamualaikum … Hai teman-teman Republik Android kembali lagi bersama kami di situs ini, situs yang membahas tentang Android, Gadget & Teknologi serta Tips, Trik, Guide & Clue yang masih dalam lingkungan System Operasi.

 

Pada halaman ini kami akan menjelaskan bagaimana caranya memaksimalkan kinerja ponsel Android tanpa efek samping yang bisa mengakibatkan kerusakan fatal, jika anda sedang mencari info tentang ini maka baca sampai kata terakhir.

 

Banyak sekali cara untuk memaksimalkan kinerja perangkat Android itu, Namun dari sekian banyaknya cara untuk memaksimalkan Android itu bukan berarti tidak ada efek samping yang memungkinkan.

 

Tapi, pada halaman ini anda akan mengetahui alasan dan cara mengatasinya yaitu;

 

5 Cara Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android Tanpa Efek Samping Yang Sudah Terbukti Ampuh

 

Baiklah, sesuai judul di atas sambil menunggu jam nya sahur kami mau berbagi Tweak LSpeed Untuk Android, ini adalah salah satu TWEAK untuk memaksimalkan kinerja ponsel Android anda.

Link Unduhan Tweaks LSpeed

LSpeed Download | Google Drive

ABS Tweaks Download | Google Drive

Fitur yang terdapat dalam Tweak ini adalah sebagai berikut

 

  • Battery Saver
  • Kill App Background
  • RAM Booster
  • CPU Cooler
  • Freeze App
  • Bloatware Remover
  • Speed Tasker
  • Performance
  • Sleep
  • Net Speed
  • Camera Focus
  • Dan banyak lagi

 

Namun perlu di ingat TWEAK ini tidak bekerja dengan baik di beberapa perangkat, Kami menuliskannya disini karena sudah terbukti bekerja dengan baik di perangkat yang kami pakai dan sesuai dengan pemgalaman kami.

 

Untuk menggunakan TWEAK ini juga ponsel Android anda harus dalam kondisi berakar, jika tidak jangan harap akan bekerja dengan baik.

 

Bagi ponsel Android yang belum mendapatkan akses AKAR pasti lah susah, apalagi kalau belum terpasang pemulihan khusus seperti (TWRP, CTR, CWM, PHILZ, OrangeFox, Dan lainnya) akan terasa betapa sulitnya seperti apa.

 

Jadi lewati saja bagian itu dan anda harus mempertimbangkan untuk melakukan Rooting pada perangkat Android kesayangan anda.

 

Buat anda yang Android-Nya sudah mendapatkan akses Root dan terpasang System Pemulihan Khusus pasti akan mencoba memasang TWEAK ini apalagi yang memakai perangkat Android yang memiliki papan RAM 512MB – 1GB.

 

Teman-teman tinggal unduh dan pindahkan ke memori external sd (microSD) reboot ke pemulihan khusus (TWRP, CWM, CTR, PHILZ, ORANGE FOX) dan install bahannya yang di unduh dan selesai.

 

Setelah kembali ke beranda (Home Screen) teman-teman bisa panggil via Terminal Emulator silahkan unduh dan pasang Terminal Emulator atau .

 

ketik “su” tanpa tanda petik lalu enter

 

Berikan akses akar jika menampilkan dialog saat menekan enter pada keyboard.

 

ketik lagi “LS” tanpa tanda petik lalu enter

 

Pada posisi ini Menu dari Tweaks LSpeed akan di tampilkan selanjutnya aturlah sesuai kebutuhan Android teman-teman.

 

Tweaks LSpeed | Google Drive | Sync

 

Tidak ada penampakan gambar setelah pemasangan TWEAKS ini, karena Tweaks untuk di rasakan kinerjanya bukan soal gambarnya jadi teman-teman langsung tancap saja.

 

Nah kalau misalkan dengan memasang TWEAKS adalah salah satu cara memaksimalkan kinerja Android maka selanjutnya ada cara lain lagi yaitu

 

Cara Pangkas Bloatware Android Dengan Aman.

 

Jika teman-teman sudah melakukan untuk memasang tweaks namun hasilnya kurang memuaskan pada Tutorial kedua ini kami akan menjelaskan tentang Cara Pangkas Bloatware Android Dengan Aman.

 

Sebelum kita praktek atau eksekusi lebih jauh baiknya kita kenalan dahulu dengan Bloatware, Apa itu Bloatware dan Untuk Apa Bloatware itu?

 

Apa itu Bloatware?

 

Bloatware adalah aplikasi dari para pengembang yang di titipkan ke sebuah vendor yang meriliskan ponsel baru dengan OS baru.

 

Bloatware ini sebenarnya tidak berbahaya hanya saja beberapa di antaranya menambah beban ruang Memori pada Ponsel Android.

 

Seperti apa beban memori yang di tambahkan oleh bloatware tersebut? jawabannya bermacam-macam karena Aplikasi Bloatware juga Bermacam-macam, mulai dari

 

Yang membantu meningkatkan kinerja ponsel sampai yang membantu kebutuhan aktivitas kita di ponsel Android, namun di antara yang Membantu salah satunya pasti ada yang Mengganggu.

 

Seperti apa Aplikasi Bloatware yang mengganggu? jawabannya sederhana, tinggal anda seleksi sendiri karena pemakaian ponsel pun berbeda-beda.

 

Jika saya jelaskan disini Aplikasi Bloatware yang menurut saya mengganggu tapi malah bagi anda justru membantu atau sebaliknya,

 

Nah bingung juga kan saya memberi kesimpulannya. jadi yang jelas Aplikasi Bloatware itu adalah Aplikasi dari pengembang yang sengaja di jual ke vendor yang akan merilis Ponsel Android barunya.

 

Bisakah Bloatware ini di Copot tanpa Android berakar? jelas tidak, kenapa? karena Aplikasi Bloatware ini di tanam atau di tempatkan di Folder /system.

 

Dimana folder ini adalah bagian dari susunan Akar System Operasi. yang akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Root Explorer
Gambar di atas menjelaskan bahwa sebagian bisa di operasikan sebagian juga tidak, itulah yang mewakili kata Read Only dan Read Write.

 

Dimana Read Only ini hanya bisa di baca oleh pengguna dan Read Write yang berarti Baca Tulis, dimana pengguna bisa mengakses seluruh isi system termasuk memodifikasinya.

 

Sedangkan untuk melakukan pencopotan Aplikasi Bloatware ini memerlukan Akses Akar pada perangkat Android.

 

Nah untuk melakukannya silahkan anda mampir dulu ke halaman ini atau halaman ini di laman tersebut sudah di jelaskan caranya mendapatkan Akses Akar pada Android

 

Namun setelah anda mendapatkan akses akar juga belum tentu aplikasi Bloatware itu bisa di copot, kenapa? karena sebagian vendor memang memasang keamanan pada memori yang tertanam dalam mesin (eMMC).

 

Jadi walaupun anda sudah mendapat akses akar tapi kurang lengkap rasanya kalau anda belum memasang pemulihan khusus seperti TWRP, CWM, PHILZ, CTR, Orange Fox dan lainnya.

 

Di pemulihan khusus inilah anda akan belajar mencopot Aplikasi Bloatware yang tidak ingin anda gunakan tentunya dengan tujuan untuk membebaskan ruang memori pada Android.

 

Anda bisa mempelajarinya dan praktek di link internal Cara Pangkas Bloatware Android Dengan Aman halaman ini.

 

Jika 2 hal di atas sudah anda lakukan namun kurang puas juga dengan hasil, maka selanjutnya kalian bisa menggunakan tutorial ke tiga yaitu

 

Cara Membuat dan Mengistall ROM De-Odex Android.

 

Ya, Dengan memakai ROM Deodex anda pasti akan merasakan perbedaannya seperti apa. karena masing-masing kondisi ROM Odex & Deodex itu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

 

Sedikit gambaran untuk ROM Deodex ini adalah ROM yang memang lebih stabil untuk Android dalam kondisi berakar, Kenapa?

 

Karena pada ROM ini classes.dex telah di satukan ke dalam Aplikasi (Apk) dan sisanya tersimpan pada direktori
/data/dalvick-cache/arm/disini,
sementara untuk ROM Odex file Apk dan odex terpisah.

 

Sehingga Ruang Yang di berikan cukup besar di internal, sedangkan untuk ROM Deodex adalah kebalikannya jika ROM odex memiliki ruang internal besar namun pada ROM Deodex lebih besar di bagian system.

 

Kenapa? ya karena hal di atas satunya yaitu Mencopot Bloatware. dan untuk membuat ROM Deodex ini teman-teman bisa mampir ke halaman ini, di halaman tersebut kalian bisa mempelajari dan praktek untuk pembuatan ROM Deodex secara manual.

 

Nah ke tiga cara untuk memaksimalkan kinerja ponsel Android sudah di bahas dan yang terakhir adalah dengan menginstall Aplikasi pihak ke 3 seperti GL Tools.

 

Aplikasi ini ibaratnya sebuah plugin untuk Android, dengan Aplikasi ini teman-teman bisa mengkonfigurasikan sesuatu yang barkaitan dengan system Android.

 

Seperti halnya mengubah setelan CPU, menghematkan batrai dan lain sebagainya bisa di lakukan dengan 1 aplikasi saja, namun perlu di ingat Aplikasi ini juga membutuhkan Akses akar pada perangkat Android.

 

Jika perangkat Android kalian belum mendapatkannya segeralah lakukan karena dengan akses akar anda akan merasakan kebebasan pada perangkat Android kesayangan anda.

 

Dan satu hal lagi, sebenarnya bukan hanya GL Tools saja yang bisa menaikan kinerja ponsel Android itu Melainkan banyak sekali seperti Kernel Auditor, No Frills CPU, dan masih banyak lagi.

 

Tulisan di atas sudah membahas tentang 4 cara Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android, dan kini saatnya kami berikan satu hal lagi cara untuk memaksimalkan Kinerja Android

 

Yakni menambah kapasitas RAM dengan cara swappiness, yups cara ini tergolong sulit karena langkahnya harus melalui perintah perintah program yang akan memandu system yang akan di sesuaikan dengan selera penggunanya.

 

Dan cara ini juga membutuhkan akses Akar pada perangkat, untuk menambah kapasitas RAM pada Android selanjutnya teman-teman bisa pergi ke laman ini.

 

Baiklah karena ke 5 Cara Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android sudah di bahas kami yang mengelola situs ini pamit dan undur diri.

 

Terimakasih sudah berkunjung di halaman ini, jangan sungkan untuk memberi kritik & saran di sini .

 

Sampai jumpa dan sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya teman-teman yang masih membahas dan akan terus membahas seputar Android, Gadget & Teknologi lainnya akhir kata Wassalamualaikum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *